Mengapa bayi baru lahir dapat bergerak menuju puting Ibu?

Suhu puting ibu yang lebih lebih hangat dibandingkan kulit di sekitarnya memudahkan bayi baru lahir untuk menemukannya.

Ilustrasi/ Shutterstock

Bayi yang baru lahir tidak bisa melakukan banyak hal. Namun saat meletakkan bayi baru lahir di dada ibunya, mereka secara naluriah bergerak menuju puting ibu untuk menyusu.

Bagaimana bayi baru lahir tahu dan dapat melakukan hal ini?

Sebuah studi baru dari Italia menemukan satu alasan. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Acta Paediatrica, bayi baru lahir tertarik pada puting ibu. Penyebabnya, puting ibu lebih hangat dibandingkan kulit di sekitarnya. Suhu puting yang lebih tinggi bisa memudahkan bayi baru lahir untuk menemukannya. Hal ini bisa membantu menjelaskan fenomena bayi baru lahir yang bergerak dari perut ke puting ibu. Menurut para ahli peneliti, hal ini disebut breast crawl.

Dalam studi ini, para peneliti ingin menguji gagasan bahwa suhu puting ibu memang membantu bayi untuk menemukan puting ibu. Mereka mencari 41 wanita yang melahirkan dan ingin menyusui bayinya di sebuah rumah sakit pada bulan Januari dan Februari 2015. Responden yang terlibat di dalam penelitian juga mempunyai keinginan untuk menyusui, tidak memiliki masalah selama kehamilan, dan hanya mengandung satu bayi.