Musim midnight sale, simak tips belanja biar tak kalap

Bulan Ramadan sering kali menjadi momentum pusat-pusat perbelanjaan untuk memberikan diskon besar-besaran seperti midnight sale.

Jakarta menggelar Jakarta Great Sale 25 Mei-23 Juni 2019, termasuk midnight sale pada akhir pekan menjelang lebaran. / Pixabay

Bulan Ramadan sering kali menjadi momentum pusat-pusat perbelanjaan untuk memberikan diskon besar-besaran seperti midnight sale. Tentunya banyak konsumen yang kalap dengan diskon-diskon yang ada. 

Meski demikian, Perencana Keuangan dari Zielts Consulting Ahmad Gozali mengatakan diskon sebelum lebaran justu kesempatan agar bisa belanja dengan harga yang lebih murah.

Namun, kata dia, perhatikan harganya sebelum diskon, apakah wajar atau sudah ada kenaikan sebelumnya. Selain itu, perhatikan juga skema diskonnya jangan sampai malah mendorong untuk belanja lebih banyak sehingga tidak lagi hemat.

"Belanja pas ada diskon itu bagus, tapi jangan belanja karena diskon," ujar Ahmad saat dihubungi reporter Alinea.id, Minggu (26/5).

Agar tidak berlebihan atau kalap, hindari belanja impulsif alias belanja tanpa rencana. "Beli ini itu hanya karena kelihatan bagus, kelihatan murah atau mumpung. Padahal tidak ada kebutuhanya," kata dia.