Nepo baby: Anak-anak 'istimewa' dari orang tua

Nepo baby adalah akronim dari nepotism baby atau anak nepotisme. Individu yang mendapat keuntungan dari nepotisme itu disebut nepo baby.

Ilustrasi nepo baby./Foto Alexas_Fotos/Pixabay.com

Penampilan Gibran Rakabuming Raka dalam debat calon wakil presiden (cawapres) pada Jumat (22/12/2023) menjadi sorotan. Ia dianggap mampu bersaing dengan lawannya yang lebih berpengalaman, yakni Muhamimin Iskandar dan Mahfud MD. Namun, kontroversinya sebelum dipilih menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto masih mengemuka. Al Jazeera menyebut Gibran menghadapi badai kontroversi, termasuk tuduhan sebagai nepo baby dan kelanjutan politik dinasti.

Kepada Al Jazeera, dosen bidang politik dan studi keamanan dari Murdoch University, Ian Wilson mengatakan, meski Gibran mungkin ingin melepaskan citra sebagai nepo baby, tetapi sulit untuk menghilangkan citra keluarganya.

Nepo baby adalah akronim dari nepotism baby atau anak nepotisme. Individu yang mendapat keuntungan dari nepotisme itu disebut nepo baby. Individu tersebut meraih kedudukan berkat kekuatan atau pengaruh orang tua, yang sudah mapan di bidang tertentu. Istilah nepo baby dipopulerkan New York Magazine. Majalah tersebut mengeluarkan edisi khusus akhir tahun 2022 yang mengangkat nepo baby dalam industri hiburan Hollywood. Selain di dunia hiburan, anak-anak nepotisme itu lazim ditemukan dalam dunia bisnis dan politik.

Bahkan, sejarawan dan penulis buku First Family: George Washington’s Heirs and the Making of America, Cassandra A. Good dalam tulisannya di Time mengutip survei YouGov pada Februari 2023, menyebut dari 10 bidang, politik merupakan bidang dengan jumlah responden terbanyak yang menyatakan nepotisme sangat umum (53%).

Lembaga riset yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab, Real Research pernah mengadakan survei online tentang opini publik terkait nepo baby. Survei itu dilakukan pada 19-26 April 2023 terhadap 20.000 peserta laki-laki dan perempuan berusia 21 hingga 99 tahun, dengan partisipasi lebih dari 50 negara, termasuk Indonesia.