One Onco: Ekosistem digital untuk pasien kanker di masa pandemi

PT Kalbe Farma mengeluarkan layanan telemedicine bagi pasien kanker.

Ilustrasi telemedic. Pixabay.

Pandemi Covid-19 membawa dampak sangat krusial bagi dunia kesehatan. Di Indonesia, pandemi berpengaruh pada sektor-sektor kesehatan lain, termasuk pasien kanker. 

Inovasi kemudian digagas oleh perusahaan farmasi PT Kalbe Farma lewat layanan One Onco. One Onco adalah sebuah ekosistem berbasis digital yang dibangun oleh tim Oncology Kalbe dengan tujuan menjadi sistem pendukung bagi para stakeholder kanker di Indonesia, khususnya para pasien, penyintas, dan caregiver kanker. 

Melalui layanan konsultasi secara daring, pembaharuan informasi seputar kanker yang valid dan terpercaya, deteksi dini kanker, dan akses informasi seputar komunitas kanker di Indonesia dapat dilakukan.

Leader One Once, Selviana mengatakan, penyakit kanker membutuhkan perawatan medis dengan berbagai proses. Pengobatannya panjang karena membutuhkan ketahanan yang luar biasa. 

“Ketakutan pasien kanker itu tentang operasi dan kemoterapi. Sehingga tidak heran, iklan-iklan obat di luar sana menyebutkan pengobatan kanker dengan tuntas tanpa operasi dan kemoterapi,” ujar Selvinna dalam keterangan resminya, Senin (21/2).