Panduan buat ayah untuk menyambut haid pertama anak perempuannya

Haid pertama putri kesayangan mungkin bukan urusan yang dipikirkan para Ayah. Tetapi bagaimana ketika Anda harus menghadapinya.

Ilustrasi: Celina Parente/Todaysparent

Seorang anak perempuan, pada akhirnya akan melewati masa di mana Ia mengalami fenomena alamiah dari tubuhnya yaitu menstruasi atau datang bulan. Ketika pengalaman 'tak biasa' itu datang untuk pertama kali, sebagian anak yang telah mendapat pelajaran mengenai pubertas terkait menstruasi mungkin akan menghadapinya dengan tenang.  

Ia sudah menyiapkan segala sesuatunya sehingga semuanya dilewati dengan relatif lancar. Namun sebagian anak, mungkin tidak tahu apa-apa dan tidak tahu harus berbuat apa saat mengalami datang bulan untuk pertama kalinya. 

Dan tidak jarang, momen itu datang ketika tidak ada wanita dewasa di sisinya, misal ibu, kakak perempuan atau tante, pun nenek. Hanya ada ayah, yang tentu sangat miskin pengalaman karena memang tidak pernah mengalaminya. 

Dalam kondisi seperti itu, mau tidak mau, ayah harus turun tangan memberikan bantuan kepada putrinya. Baik teknis maupun dukungan moral. Sebab, situasi tersebut rentan menimbulkan kepanikan bagi anak putrinya itu. 

***