Para ayah di Rumania memilih porsi lebih banyak dalam mengasuh anak

Cuti orang tua di Rumania termasuk yang terpanjang di Eropa.

Silviu dan Gabriela mengajak bayi mereka berjalan-jalan di hari bersalju di ibu kota Rumania, Bukares [Lola García-Ajofrín/Al Jazeera]


Di lingkungan timur Bukares yang dipenuhi blok apartemen, Oana bangun dan membuat sarapan saat suaminya, Vlad, merawat bayi mereka, seorang gadis kecil bernama Mara. Setelah mengganti popok dan perut kenyang, ayah dan putrinya pergi ke taman.

Oana menyalakan laptopnya dan dalam sekejap, ruang tamu diubah menjadi kantor saat dia mengadakan pertemuan Zoom untuk agensi hubungan masyarakat yang dia operasikan.

Pada tahun 2022, 36,507 ayah dan 223,100 ibu mengambil cuti sebagai orang tua di Rumania, menurut data yang diberikan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Solidaritas Sosial Rumania. Tren ini berlanjut hingga tahun 2023, dengan 33.689 laki-laki dan 201.108 perempuan mengambil cuti sebagai orang tua antara bulan Januari dan Oktober.

Cuti melahirkan berdurasi 126 hari dengan pembayaran 85 persen gaji. Cuti ayah jauh lebih singkat yaitu 15 hari. Namun di luar periode tersebut, baik ibu maupun ayah dapat memilih untuk mengambil cuti mengasuh anak hingga bayi mereka tumbuh menjadi balita berusia dua tahun.

Biasanya, para ibu mengambil cuti mengasuh anak.