Pelaku seni rupa harus tetap berkarya di era kebiasaan baru

Era kenormalan baru bukanlah batasan terhadap produktivitas, kreativitas, dan daya cipta para pelaku ekonomi kreatif.

Seseorang sedang menikmati seni rupa. Foto kemenparekraf.go.id

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong para pelaku ekonomi kreatif, agar terus berkarya dan memanfaatkan peluang berkreasi di tengah pandemi Covid-19.

Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Frans Teguh, mengatakan di masa pandemi Covid-19, para pelaku ekonomi kreatif harus tetap membangun harapan, semangat, dan menjadikan momentum ini untuk selalu berkreasi.

“Era kenormalan baru bukanlah batasan terhadap produktivitas, kreativitas, dan daya cipta para pelaku ekonomi kreatif. Beberapa bulan belakangan ini memang banyak kegiatan yang harus ditunda, tetapi era kenormalan baru yang akan kita jalani mempersilakan kita untuk kembali mewujudkan harapan dan menyelesaikan segala sesuatu yang telah direncanakan,” kata Frans saat virtual talkshow Seri Obrolan Seru (Seni Rupa) dengan tema “Rupa-Rupa Tantangan Perupa Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”, Kamis (2/7).

Industri seni rupa berkesinambungan dengan Kemenparekraf/Baparekraf untuk bekerja sama menghasilkan produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas, serta memiliki kekuatan dan kearifan lokal. Sehingga, produktivitas itu bisa mendatangkan kesejahteraaan bagi pelakunya.

Kondisi pandemi begitu berdampak pada industri seni rupa, seperti hilangnya tempat pameran, ditutupnya galeri dan pasar seni (art shop), berkurangnya pesanan karya seni rupa, dan pembatalan pameran. Pelaku ekonomi kreatif dituntut untuk berpikir kembali bagaimana untuk bertahan dalam masa pandemi dan mencari upaya terbaik yang harus dilakukan agar tetap produktif dan kreatif.