Pemerintah siapkan SNI khusus batik

Tingginya minat masyarakat akan batik mendorong pemerintah melakukan standarisasi produk batik.

Pemerintah menyusun SNI batik demi meningkatkan kualitas batik tulis Indonesia./Antara Foto

Sebagai warisan budaya dunia, batik memang selalu menjadi magnet bagi para pengrajin kain untuk menciptakan motif-motif baru. Kali ini, sekelompok ibu-ibu yang tinggal di Rusunawa Pulogebang, Jakarta Timur menciptakan motif batik baru. 

Motif batik terbaru bertemakan Swarnadipa yang artinya tanah emas. Motif batik tersusun atas kombinasi tanahan dan buketan klasik batik Pekalongan.

Co-Founder JKT Creative Iwet Ramadhan sebagai sekaligus desainer batik menjelaskan motif batik tersusun atas kombinasi tanahan dan buketan klasik batik Pekalongan. Ada aksen lingkaran yang merupakan simbolisasi dari bibit yang menegaskan makna tanah subur dan mencapai keemasannya.

Tingginya minat masyarakat akan batik mendorong pemerintah untuk melakukan standarisasi atas produk batik. Sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) terhadap batik tulis demi menambah nilai jual produk tersebut akan dibuat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Eddy Siswanto, mengatakan SNI khusus batik sedang disiapkan. Kemenperin akan mengandeng banyak pihak salah satunya Balai Besar Kerajinan dan Batik demi terwujudnya SNI.