Pemprov DKI segera realisasikan program bike sharing

Untuk mewujudkan program ini, Dishub juga akan menyiapkan regulasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berbincang dengan warga ketika bersepeda di Jakarta, Jumat (20/9).AntaraFoto

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membuat program bike sharing (sistem penyediaan sepeda di tempat umum yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh masyarakat) di sejumlah tempat publik. Dengan program ini, pemprov akan menyiapkan sejumlah sepeda yang bisa dipergunakan atau disewa.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, telah ada sembilan perusahaan yang berminat terlibat dalam program ini.

"Bike sharing itu sedang kami bahas. Sekarang sudah ada sembilan perusahaan yang minat untuk masuk," kata dia di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (10/10). Sayangnya, Syafrin belum menjelaskan secara detail siapa saja sembilan perusahaan tersebut.

Untuk mewujudkan program ini, Dishub juga akan menyiapkan regulasi. Dishub ingin perusahaan yang terlibat sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Kami harus mempersiapkan regulasinya sehingga usaha mereka terfasilitasi secara baik, kemudian masyarakat pelayanan yang diterima masyarakat juga sesuai dengan standar yang ditetapkan," ucap dia.