Pemprov Jawa Tengah mengumumkan Desa Wisata 2021

Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa wisata di Jawa Tengah, dalam rangka menciptakan desa wisata yang unggul dan berdaya saing.

Penyerahan penghargaan juara umum kepada Desa Wisata Cikakak, Kabupaten Banyumas oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmad (kiri) pada Penganugrahan Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah 2021, Rabu (27/10/2021). Tangkapan layar pada kanal YouTube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Penganugerahan Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah 2021 merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak September hingga Oktober ini. Dengan mengusung tema “Desaku Bangkit, Desaku Tangguh dan Desaku Mandiri”.

Kegiatan ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah 2021. Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa wisata di Jawa Tengah, dalam rangka menciptakan desa wisata yang unggul dan berdaya saing.

"Sebagai representasi kebangkitan pariwisata di era pandemi ini, maksud dari kegiatan adalah tersedianya sebuah event yang menampilkan keunggulan desa wisata. Secara khusus diharapkan muncul desa wisata yang berkualitas, berkelanjutan dan mampu memamerkan segala produknya dengan sebuah event digital,” ungkap Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Riyadi Kurniawan dalam laporannya pada Penganugrahan Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah 2021, Rabu (27/10).

Bentuk kegiatan ini berupa perlombaan video secara online, di mana setiap desa wisata mengapload empat video, dengan maksimal lima menit dimasing-masing kategori, yaitu Kategori Profil Desa Wisata, Kategori Pengelolaan Desa Wisata, Kategori Produk Inovasi Desa Wisata dan Kategori Atraksi Seni dan Budaya. 

Jumlah peserta pada Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah 2021 sebanyak 35 desa wisata dari 35 kabupaten/kota, dengan dewan juri yang terdiri atas 12 orang.