Perlu dicoba, 8 cara rumahan mengobati wasir

Meskipun biasanya hilang dalam beberapa minggu dengan sendirinya, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga berat.

ilustrasi. tanner.org

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum. Gejala umum dapat berupa nyeri, gatal, dan pendarahan dubur. Kondisi itu dapat berkembang di dalam atau di luar anus dan rektum, masing-masing disebut wasir internal dan eksternal. Wasir adalah masalah yang sangat umum.

Meskipun biasanya hilang dalam beberapa minggu dengan sendirinya, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga berat. Pengobatan rumahan dapat membuatnya lebih dapat ditoleransi.

1. Witch hazel
Obat yang mengandung witch hazel dapat mengurangi rasa gatal dan nyeri, dua gejala utama wasir. Ini adalah anti-inflamasi alami, sehingga juga bisa mengurangi pembengkakan. Witch hazel dapat dibeli dalam bentuk cair dan dioleskan langsung ke wasir. Ini juga dapat ditemukan dalam produk seperti tisu dan sabun anti-gatal.

2. Lidah buaya
Gel lidah buaya telah digunakan secara historis untuk mengobati wasir dan berbagai kondisi kulit. Diperkirakan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi. Meskipun tidak ada cukup bukti klinis tentang keefektifan gel lidah buaya untuk wasir, lidah buaya dicantumkan sangat aman untuk penggunaan topikal. 

Gel dapat ditemukan sebagai bahan dalam produk lain, tetapi Anda hanya boleh menggunakan gel lidah buaya murni pada wasir. Gel lidah buaya murni juga dapat dipanen langsung dari dalam daun tanaman lidah buaya.