Permen karet ternyata bermanfaat untuk otak

Saat melakukan gerakan mengunyah permen karet, ternyata ada beberapa bagian otak yang menjadi aktif.

Selain rasanya yang menarik dan teksturnya yang unik saat dikunyah, permen karet ternyata juga memiliki manfaat untuk fungsi otak / pexels.com

Bagi sebagian orang, permen karet selalu tersedia di dalam tas. Sensasi mengunyah permen karet memang unik. Apalagi saat ini permen karet tersedia dalam berbagai rasa yang menarik. Nah, tahukah Anda kalau ternyata permen karet bermanfaat bagi otak? Yuk, pelajari lebih jauh soal manfaat permen karet bagi otak berikut ini yang dijelaskan Public Relation Associate hellosehat.com Rizka Fenadania. 

Saat melakukan gerakan mengunyah, ternyata ada beberapa bagian otak yang menjadi aktif. Bagian tersebut antara lain adalah otak kecil (serebelum), batang otak, motor korteks, kaudata, cingulate, dan lainnya. Selain itu, kandungan gula pada permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju ke jaringan otak. Adanya peningkatan ini dapat mengaktifkan bagian frontotemporal korteks dan otak kecil.

Serebelum yang dikenal dengan sebutan otak kecil berfungsi mengatur koordinasi keseimbangan tubuh. Sedangkan lobus frontal berfungsi membuat rencana, berpikir logis, dan memecahkan masalah.

Lobus temporal dibedakan menjadi dua, lobus bagian kiri berfungsi untuk ingatan verbal, seperti mengingat nama. Sedangkan lobus bagian kanan berfungsi untuk ingatan yang bersifat visual misalnya kemampuan mengingat wajah dan gambar. Hal ini tentu dapat meningkatkan kerja otak dan membuat kemampuan kognisi meningkat.

Mengonsumsi permen karet bebas gula juga bisa meningkatkan daya ingat, baik ingatan jangka pendek maupun ingatan jangka panjang. Para ahli menduga hal ini terjadi karena saat mengunyah, aktivitas otak di bagian otak hipokampus meningkat. Nah, bagian otak ini bertugas untuk menjalankan fungsi daya ingat.