Perut six-pack hanya simbol dalam industri kebugaran?

Umumnya, para ahli mengatakan bahwa seorang pria harus menurunkan sekitar 10 persen lemak tubuh agar perutnya terlihat. Untuk wanita, jumlah

Ilustrasi. foto Unsplash

Salahkan Ronaldo. Atlet profesional dan geek kebugaran di mana-mana terobsesi dengan perut six-pack. Itulah cara yang lebih baik untuk menunjukkan kepada dunia betapa atletisnya Anda sebenarnya, bukan? Jawabannya ternyata tidak tepat.

“Perut six-pack adalah semacam simbol status dalam industri kebugaran, dan saya pikir, untuk menjadi legit, saya membutuhkan six-pack,” kata Noelle Tarr, seorang pelatih pribadi dan mantan atlet triatlon. 

Masalahnya, seperti yang ditemukan Tarr sepanjang karir atletiknya, adalah bahwa Anda dapat dengan mudah mengorbankan kinerja, dan kesejahteraan Anda, untuk itu.

Masalah utama adalah bahwa six-pack terutama tidak diperoleh melalui crunch atau sit-up atau kecakapan atletik. "Sebagian besar 'perut six-pack' Anda hanya karena nutrisi," kata Sam Leahey, direktur ilmu olahraga di Precision Sport Science. "Ini bukan fungsi pelatihan." Faktanya, dia memperkirakan bahwa perut six-pack mungkin sekitar 90 persen akibat dari makan lebih sedikit.

Umumnya, para ahli mengatakan bahwa seorang pria harus menurunkan sekitar 10 persen lemak tubuh agar perutnya terlihat. Untuk wanita, jumlahnya mendekati 15 persen lemak. Dan itu bahkan bukan untuk definisi tingkat model kebugaran.