Pihu: Pelajaran berharga pengasuhan anak

Ide film ini mengangkat kisah nyata seorang balita di New Jersey, Amerika Serikat pada Maret 2013.

Film ini diperankan bocah perempuan Pihu Myra Vishwakarma. /Youtube.

Industri film Bollywood tak selalu diisi film durasi panjang, dengan kisah cengeng, tarian, dan menyanyi. Ada beberapa film yang cukup asyik untuk dinikmati, karena ide cerita yang tak biasa. Film Pihu (2018) salah satunya.

Ide film ini mengangkat kisah nyata seorang balita di New Jersey, Amerika Serikat pada Maret 2013 ini terasa sangat dekat. Pihu (Pihu Myra Vishwakarma), bocah berusia dua tahun, tinggal sendirian di sebuah apartemen. Tak ada pengawasan orang tua, minim makanan, dan berjuang untuk bisa hidup berhari-hari. Ditambah lagi, kelalaian orang tuanya mematikan beberapa perkakas elektronik dan keran yang menyala.

Gagasan tersebut yang diolah sutradara Vinod Kapri. Sebagai pemanasan film yang menyabet penghargaan di Festival Film Internasional Trans-Sahara ke-14 ini, penonton disuguhi animasi tentang perayaan ulang tahun Pihu yang ke-2.

Balita hidup seorang diri

Meriahnya suara tepuk tangan, nyanyian, dan tawa kecil para balita yang diundang, sejenak membangun suasana hangat. Namun, kebahagiaan ini tak berlangsung lama.