Plastik ramah lingkungan sudah bisa dibuat dari rumput laut 

Saat ini, baru diproduksi komersial dengan skala usaha kecil oleh M Putra Sahban pemilik UD Pusaka Hati Mataram.

Hasil rekayasa salah satu UPT Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) ini berupa kemasan biodegradable dan kemasan edible coating yang digunakan sebagai pembungkus makanan. Foto KKP

Sampah plastik menjadi salah satu momok bagi lingkungan. Selain memerlukan waktu yang cukup lama untuk terurai, sampah plastik juga rentan dikonsumsi oleh satwa, termasuk biota laut.

Sebagai bentuk langkah konkrit, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) mendukung program pengurangan sampah plastik, dengan melakukan perekayasaan teknologi pembuatan plastik ramah lingkungan (biodegradable) dari bahan baku rumput laut. 

Hasil rekayasa salah satu UPT Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) ini berupa kemasan biodegradable dan kemasan edible coating yang digunakan sebagai pembungkus makanan. Saat ini, baru diproduksi komersial dengan skala usaha kecil oleh M Putra Sahban pemilik UD Pusaka Hati Mataram, salah satu tenant inkubasi bisnis dari BBP3KP.

"Kemasan biodegradable diartikan sebagai film kemasan yang dapat di daur ulang dan dihancurkan secara alami," ujar Dirjen PDSPKP Artati Widiarti, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/8).

Dalam perkembangan teknologi, kemasan tidak hanya sekedar membungkus produk saja, tetapi melalui kemasan bisa ditambahkan satu konten atau ingredient di dalamnya, seperti untuk memonitor kesegarannya. Dan dalam perkembangan kegiatan pemasaran eceran, peran kemasan semakin meluas antara lain dengan menggunakan sachet yang umumnya terbuat dari plastik.