Potret harmoni Kampung Sawah: Lonceng dan azan bersahutan

Kampung Sawah di Bekasi, Jawa Barat, menjadi potret harmoni antara umat kristen, katolik, dan islam yang hidup berdampingan.

Kampung Sawah, potret harmonis umat beragama di Indonesia. Alinea.id/Dwi Setiawan

Waktu menunjukkan tepat pukul 18.00 WIB. Suasana di Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat terasa tenang tanpa hiruk pikuk yang berarti. Hujan deras yang turun pada Minggu (22/12) petang itu pun menambah keheningan di pinggiran kota Jakarta tersebut.

Tak lama, lonceng dari Gereja Kristen Pasundan (GKP) Kampung Sawah pun berbunyi lantang, menandakan dimulainya kebaktian sore di gereja yang sudah berumur lebih dari seabad itu. Menariknya, bunyi lonceng itu langsung disambut suara azan magrib dari Masjid Jauhar Yasfi yang berdampingan persis dengan GKP Kampung Sawah.

Tak ayal, bunyi lonceng dan suara azan yang saling bersahutan ini pun terasa bagaikan salam takzim satu sama lain. 

Reporter Alinea.id berkesempatan berbincang dengan pengurus GKP Kampung Sawah, Dianiman (51). Dia tengah sibuk mendekor pernak-pernik Natal di gereja.

Bunyi lonceng di GKP Kampung Sawah dituturkan oleh Dianiman memang sudah sejak lama berkawan dengan suara azan Masjid Jauhar Yasfi. Bahkan, ia menduga, harmoni itu terjalin sudah sejak komunitas kristen dan muslim hidup berdampingan di Kampung Sawah.