Redakan flu dan masuk angin dengan cara berikut

Umumnya, flu diakibatkan cuaca yang dingin, seperti musim hujan yang terjadi di Indonesia.

Ilustrasi istockphoto.com

Flu merupakan penyakit yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Umumnya, flu diakibatkan cuaca yang dingin, seperti musim hujan yang terjadi di Indonesia. Sebagian orang biasanya akan menggunakan obat yang untuk meredakannya secara singkat. Namun, Anda bisa beralih ke pengobatan yang berbeda dan lebih efektif:

Vitamin C
Mengonsumsi suplemen vitamin C, memang tidak mencegah flu. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dapat mengurangi flu. Berdasarkan studi pada 2013 mencatat, mengonsumsi vitamin C secara teratur dengan kadar 1-2 gram setiap hari efektif bagi orang dewasa sebesar 8% dan pada anak-anak sebesar 14%. Detailnya, pemakaiannya, 90 mg bagi laki-laki dan 75 mg bagi perempuan yang sedang tidak hamil. 

Zinc 
Hampir tiga dekade penelitian tentang flu menghasilkan hasil yang beragam, tetapi tinjauan studi pada 2017 menunjukkan bahwa pelega tenggorokan dapat membantu mengatasi flu lebih cepat. Rata-rata lamanya durasi dingin berkurang hingga 33%, artinya setidaknya beberapa hari lebih cepat pemulihannya.

Perlu dicatat, bahwa dosis dalam studi ini, 80-92 mg sehari, jauh lebih tinggi daripada dosis maksimum harian yang direkomendasikan National Institutes of Health. Namun, tinjauan pada 2017, menunjukkan bahwa dosis hingga 150 mg per hari secara rutin dikonsumsi selama berbulan-bulan dalam kondisi tertentu dengan sedikit efek samping. 

Bunga echinacea
Hasil studi pada 2014 dan 2018, konsumsi bunga echinacea dapat mencegah atau mempersingkat flu. Suplemen herbal yang terbuat dari coneflower ungu ini tersedia dalam bentuk tablet, teh, dan ekstrak. Studi lain pada 2012, melakukan uji coba kepada beberapa peserta untuk mengonsumsi bunga ini sebanyak 2400 mg setiap hari selama empat bulan, hasilnya menunjukkan manfaat positif bunga ini untuk pilek. Perlu melakukan konsultasi kepada dokter sebelum mencoba ini, agar memastikan tidak terjadi gangguan pada obat atau suplemen.