Sambut Ramadan, Masjid Amir Hamzah TIM gelar pentas seni

Kegiatan ini sekaligus menepis pesimistis akan nasib aktivitas kesenian dan kebudayaan di TIM pascarevitalisasi.

Penampilan Sanggar Matahari saat musikalisasi puisi sela press conference Telaga Seni Budaya Islam di Masjid Amir Hamzah, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu (10/4/2021). Alinea.id/Fatah Sidik

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Amir Hamzah mengadakan "Telaga Seni Budaya Islam" dalam rangka menyambut Ramadan 1442 Hijriah. Pentas seni tersebut akan dilaksanakan di halaman masjid, Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, pada Minggu (11/4), mulai pukul 09.00 WIB.

Ketua DKM Masjid Amir Hamzah, Eko Wahyu Wibowo, menyatakan, kegiatan seni dan budaya dilakukan karena perkembangan Islam di Indonesia sarat akulturasi dengan seni dan budaya. Kemudian, mengukuhkan jati diri Masjid Amir Hamzah sebagai rumah bersama bagi seniman dan budayawan.

"Kegiatan pentas ini membuktikan 'wajah baru' Masjid Amir Hamzah yang salah satu bagian revitalisasi yang sudah selesai tetap jadi rumahnya kawan-kawan seniman dan budayawan," ucapnya, Sabtu (10/4).

Dengan demikian, diharapkan pentas esok dapat menepis keraguan seniman dan budayawan yang sempat sangsi masa depan TIM sebagai sentra kesenian dan kebudayaan Indonesia pascarevitalisasi.

"Ketika revitalisasi digaungkan, banyak kawan-kawan pesimis, 'Apakah setelah revitalisasi seniman dan budayawan masih dapat tempat?' Besok pembuktikan, revitalisasi, termasuk Masjid Amir Hamzah, tetap terbuka untuk kawan-kawan seniman dan budayawan," paparnya. "Dari dulu, masjid ini memang sudah dekat dengan seniman dan budayawan."