Segudang manfaat mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun sebaiknya dilakukan saat hendak melakukan aktivitas tertentu.

Ilustrasi mencuci tangan dengan sabun. Freepik

Mencuci tangan dengan sabun adalah cara sederhana nan efektif dalam memperkecil risiko terinfeksi suatu penyakit. Karenanya, kegiatan tersebut menjadi salah satu protokol kesehatan (prokes) saat pandemi Covid-19.

"Jika melakukannya dengan sesering mungkin atau di setiap momen-momen yang mengharuskan cuci tangan pakai sabun, maka akan meminimalisasi penyebaran infeksi," ujar ucap tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Hotmarida Silalahi, dalam webinar, Senin (17/10).

Ida, sapaannya, menerangkan, infeksi dapat terjadi akibat kuman, bakteri, dan virus. Ada berbagai penyakit yang dapat menyerang saat malas mencuci tangan dengan sabun, seperti diare, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan Covid-19.

Selain melindungi diri sendiri, dia mengingatkan, mencuci tangan dengan sabun juga sebagai bentuk upaya memproteksi orang sekitar bahkan komunitas yang lebih besar.

"Penyebab diare adalah kuman-kuman yang menempel di tangan kita sehingga bisa kita pindahkan dari area tangan saat membuat susu atau mengolah makanan anak-anak, lalu mereka makan," tuturnya.