Sering dihina dan dilecehkan di medsos? Segera lakukan ini

Dampak psikologis perundungan daring sangat mendalam bagi korban.

Foto ilustrasi/Pexels

Perundungan daring atau cyberbullying adalah tindakan yang bisa membuat seseorang tidak nyaman dalam berselancar di internet, salah satunya di media sosial. Perundungan daring bentuknya bisa berbagai hal, dari menyakiti hingga melecehkan seseorang.

Terdapat beberapa jenis perundungan daring, yaitu flaming atau roasting yang merupakan pengiriman pesan dengan kata kasar ataupun menghina, harassment yang adalah hasil dari flaming atau cekcok berkelanjutan dengan mengirimkan pesan tidak sopan secara terus-menerus.

Kemudian, denigration yang adalah tindakan menyebarkan hal-hal buruk tentang seseorang, impersonation dengan melakukan hal tidak baik menggunakan identitas orang lain, serta outing and trickery yaitu penyebaran privasi atau rahasia milik orang lain.

Selanjutnya, exclusion adalah perilaku mengucilkan atau mengeluarkan seseorang dari sebuah grup. Terakhir, cyber stalking yaitu pemberian ancaman atau intimidasi kepada seseorang dengan menggunakan media digital.

Co-Founder Rise Foundation Puput Susanto mengatakan, penting untuk pengguna internet mengenal apa yang disebut self-bordering atau batasan diri sejak dini agar mengetahui batasan berperilaku baik di dunia nyata, maupun dalam bermedia sosial.