Setelah Cloud Me, Alibaba luncurkan influencer virtual untuk Olimpiade Beijing 2022

Dong Dong diciptakan menyerupai perempuan berumur 22 tahun yang penuh semangat,  blak- blakan, dan menyukai olahraga musim dingin.

Dong Dong. Foto alibabanews

Inovasi gelaran Olimpiade Beijing 2022 seolah tidak ada habisnya. Setelah sebelumnya memperkenalkan Cloud Me, platform yang memungkinkan interaksi langsung dan memutus sekat antarnegara bagi yang ingin merasakan pengalaman Olimpiade Beijing, perusahaan teknologi Alibaba kini meluncurkan influencer virtual dengan teknologi Artificial Intelligence.

Dikutip dari keterangan resmi Jumat (11/2) influencer virtual itu diberi nama Dong Dong. Dia menggambarkan sebuah persona digital untuk berinteraksi dengan para penggemar, membawa inovasi berbasis cloud lebih dekat dengan para konsumen.

Dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy, inisiatif penelitian global Alibaba Group, Dong Dong diciptakan menyerupai perempuan berumur 22 tahun kelahiran Beijing yang penuh semangat,  blak- blakan, dan menyukai olahraga musim dingin.

Agar lebih terhubung dengan penggemar Olimpiade, terutama generasi muda yang cakap teknologi, Dong Dong dikenal akan fitur-fiturnya yang mirip manusia, kepribadiannya yang berkilau, serta keahliannya untuk berinteraksi dengan penonton dengan cara yang menarik.

Dong Dong tidak hanya akan mempromosikan merchandise Olimpiade yang dapat dibeli di toko Olimpiade resmi di Tiongkok dalam platform Tmall selama acara live streaming-nya. Dia juga mampu menjawab pertanyaan menggunakan suara manusia secara alami lengkap dengan penggunaan berbagai emosi, serta berbagai gestur tubuh seperti mengacungkan jempol dan memeragakan gestur berbentuk hati.