Staycation menjadi pilihan wisata aman selama Nataru

Meskipun hanya berlibur dengan jarak yang dekat, staycation ini sudah memberikan Anda experience yang berbeda dengan keseharian Anda.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mengimbau para wisatawan yang akan berwisata selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna menekan penularan. Apalagi, pandemi Covid-19 masih belum usai.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya menyebut, berwisata paling aman pada saat ini, yaitu staycation. Hal itu dikarenakan kecenderungan travelling dalam lingkup kecil seperti keluarga dan teman-teman terdekat yang sudah dipastikan sehat.

"Saya pikir travelling paling aman bisa dimulai dari titik terdekat yaitu staycation. Alasannya, karena hanya wisata kelompok kecil seperti keluarga dan teman dekat yang kita tahu persis bahwa mereka sehat, seperti sudah di vaksin full atau swab. Selain itu, prokesnya juga ketat. Meskipun hanya berlibur dengan jarak yang dekat, staycation ini sudah memberikan Anda experience yang berbeda dengan keseharian Anda," ujar Nia dalam konferensi pers, Kamis (30/12).

Di sisi lain, Kemenparekraf telah memfasilitasi industri pariwisata khususnya hotel, restoran dan tempat-tempat atraksi dengan Program Sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety & Environment).

Program Kemenparekraf ini merupakan proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain terkait, lingkungan masyarakat, dan destinasi pariwisata.