Tenesmus 'keinginan palsu BAB' yang tidak bisa diabaikan

Sering merasa ingin buang air besar, namun ternyata desakan itu seperti 'palsu'. Gejala itu bisa jadi termasuk Tenesmus.

ilustrasi. foto Pixabay

Tenesmus adalah sensasi yang mengkhawatirkan dan mengganggu. Gejalanya adalah sering memiliki keinginan untuk pergi ke kamar mandi, meskipun usus Anda kosong. Jika Anda memiliki penyakit radang usus seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, Anda mungkin terlalu akrab dengan gejala ini, yang disebut tenesmus. 

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Agustus 2019 di World Journal of Gastroenterology mencatat bahwa 37 persen orang dengan IBD menderita tenesmus atau bentuk serupa dari inkontinensia tinja, yang memengaruhi kesejahteraan fisik, sosial, dan emosional mereka.

Tenesmus sulit untuk diabaikan, dan berlari ke kamar mandi berulang kali “mempengaruhi kualitas hidup secara signifikan,” kata Adam Ehrlich, MD, MPH, asisten profesor kedokteran di Lewis Katz School of Medicine di Temple University di Philadelphia dan co-medis direktur program penyakit radang usus di Rumah Sakit Universitas Temple.

Baca terus untuk mengetahui tentang gejala kondisi yang mengganggu ini dan bagaimana Anda dapat mengobatinya.

Gejala Tenesmus
Baik kolitis ulserativa dan penyakit Crohn dapat menyebabkan peradangan rektum yang memberi orang “sensasi palsu, atau desakan, karena harus buang air besar bahkan ketika tidak ada tinja di rektum,” kata Paul R. Sturrock, MD, seorang ahli bedah usus besar dan dubur di UMass Memorial Medical Center di Worcester, Massachusetts. Tenesmus juga dapat dikaitkan dengan kram perut dan nyeri dubur.