Inggris vs Italia, rekor adu penalti menunjukkan beban Inggris lebih berat

Italia vs Inggris di partai final Euro 2020, bakal jadi pertarungan seru dan ketat. Jika penalti, Inggris menanggung beban sejarah.

Suporter Inggris apakah akan bisa tersenyum saat adu penalti? foto Fitra Iskandar

Skenario adu penalti mungkin tidak akan pernah diinginkan, tim manapun, saat bermain di laga penting. Sebab, sulit diprediksi. 

Skill tidak berlaku di sini. Banyak pemain bintang yang justru menjadi aktor kekalahan, karena gagal menjaringkan bola. Namun, untuk final Italia vs Inggris, sepertinya Inggris yang paling ingin menghindari adu penalti. Banyak trauma di kubu Inggris ketimbang Italia. 

The Three Lions telah mengalami sakit hati selama bertahun-tahun karena adu penalti. Meski mereka memiliki beberapa keberhasilan, rekor mereka suram. Catatan itu cukup membuat para penggemar Inggris merinding untuk memikirkan adu penalti, bahkan untuk mereka yang paling optimistis sekalipun.

Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, Tiga Singa dan tendangan penalti tampaknya kurang jodoh. Dengan pemain Inggris paling berbakat pun, Inggris kerap mengakhiri duel penalti dengan kepala tertunduk.

Berapa rekor adu penalti Inggris di Euro?