Transaksi e-commerce didominasi generasi Z dan milenial

Generasi Z dan milenial lebih banyak belanja produk fashion dan kecantikan.

Ilustrasi. E-commerce. Pixabay.com

Transaksi e-commerce terus meningkat setiap tahunnya, seiring semakin banyaknya kebutuhan yang dapat dipenuhi melalui aktivitas belanja online.

Menurut hasil riset Kredivo & Katadata Insight Center yang diterima Alinea.id, Kamis (6/8), nilai transaksi rata-rata e-commerce mengalami peningkatan pada hampir semua produk, dalam kurun waktu Januari-Desember 2019 dibandingkan 2018. Puncak peningkatan ini terjadi pada Desember 2019 dengan jumlah transaksi lebih besar 22% daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan..

Tren peningkatan ini didominasi generasi Z dan milenial yang berkontribusi terhadap 85% dari total transaksi. Sebanyak 85% transaksi dilakukan konsumen dengan rentan usia 18 tahun-35 tahun, dengan rincian, usia 18 tahun-25 tahun (36%) dan 26 tahun-35 tahun (49%).

Generasi milenial atau generasi Y merupakan kelompok manusia yang lahir di atas 1980-an hingga 1997. Sedangkan generasi Z adalah manusia yang lahir dalam kurun waktu 1995-2000-an.

Salah satu penyebab generasi Z dan milenial mendominasi transaksi, karena mereka tumbuh bersama dengan kemajuan teknologi internet. Pertama kali internet hadir di Indonesia pada 1990.