Wregas Bhanuteja sutradara terbaik, ini daftar lengkap peraih Piala Citra FFI 2021

Film garapan Wregas Bhanuteja jadi film panjang terbaik 2021.

Wregas Bhanuteja dan Shenina Cinnamon di Festival Film Internasional Busan Korea Selatan, 6 Oktober 2021/Foto Antara.

Sutradara muda Wregas Bhanuteja panen penghargaan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2021, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/11). Selain didapuk sebagai Sutradara Terbaik lewat film Penyalin Cahaya, film garapannya juga diganjar film panjang terbaik 2021.

“Lewat karya ini kami ingin memberi pesan agar semua orang ikut menciptakan ruang digital yang aman,” ujar Wregas ketika naik panggung saat menerima dua penghargaan tersebut.

Lewat Penyalin Cahaya, Wregas ingin setiap orang yang menonton turut melawan kekerasan seksual baik di dunia nyata maupun dunia maya. Di samping itu, perspektif keberpihakan kepada korban juga sangat penting dalam penanganan kasus ini.

Kebanggaan juga semakin bertambah ketika Wregas menyebut film ini digarap di tengah pandemi dengan memanfaatkan sumber daya lokal, mulai dari pemain, kru, dan lokasi syuting.

“Semua pemain adalah orang Indonesia dan syuting dilakukan di Indonesia di tengah masa pandemi. Ini membuktikan bahwa pandemi bukan halangan, sumber daya lokal juga mampu bersaing,” tambah dia.