Tips jualan online laris manis saat Ramadan

Bulan Ramadan menjadi peluang besar bagi para pedagang online meraup cuan.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Lonjakan permintaan jelang Ramadan memang biasa terjadi dari tahun ke tahun. Perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace terdepan, Tokopedia, mencatat kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan, Fesyen, Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak sebagai beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi. 

AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho pun membagikan sejumlah tips bagi para pegiat usaha terutama usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) lokal agar bisa melakukan persiapan dengan lebih baik dalam menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadan.

Yakni, seller bisa mengaktifkan opsi ‘Pengiriman Khusus Makanan’. Tokopedia sendiri mencatat peningkatan transaksi hampers hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Di mana hampers makanan menjadi yang paling populer.

Namun, sebelum mengaktifkan pilihan ini, seller juga harus mengemas produk makanan dengan kedap udara agar makanan tetap aman ketika sampai di pembeli.

Kemudian, seller bisa memanfaatkan fitur ‘Modal Toko’. Penjual yang memenuhi persyaratan, bisa mendapatkan modal usaha tambahan untuk menunjang biaya operasional. Trian menyatakan terdapat berbagai promo tertentu di Modal Toko yang berlaku selama Ramadan.