Tips mengirim paket besar dan berat dengan aman

Tokopedia memiliki sejumlah langkah yang bisa membantu seller melakukan distribusi dengan efisien.

Ilustrasi. Alinea.id/Aisya Kurnia.

Tokopedia memiliki sejumlah langkah yang bisa membantu seller melakukan distribusi dengan efisien. Salah satunya dengan menggandeng mitra logistik untuk mempermudah distribusi produk hingga ke tangan pelanggan.

“Bersama lebih dari 14 mitra logistik, Tokopedia terus membantu sekitar 12 juta penjual, yang hampir 100% UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), memasarkan produk ke masyarakat di seluruh penjuru Indonesia,” ujar Sales and Operations (Logistics) Senior Lead Tokopedia Stephanie Octavia, dalam keterangan resminya, belum lama ini. 

Tokopedia pun mencatat beberapa daerah dengan pengiriman antar kota paling tinggi selama Januari 2023, yaitu Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, hingga Makassar.

Untuk membantu seller memperluas jangkauan penjualan, Tokopedia membagi lima tips agar UMKM lebih mudah memahami cara mengirim paket besar atau berat. Sebut saja barang seperti kasur, kulkas, televisi dan lain-lain, secara tepat dan aman.

Pertama, seller harus menggunakan paper bubble wrap dan kardus secukupnya untuk menghindari risiko kerusakan barang. Jika barang mudah pecah, gunakan kotak kayu sebagai pelindung tambahan.