Pak Subiyakto, birokrat koperasi sejati

Pak Biyakto termasuk sedikit dari mantan Menteri Koperasi yang masih menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan koperasi.

Suroto

Beberapa hari ini, saya bertubi-tubi mendapat kabar duka atas kepergian tokoh koperasi, sebelumnya atas meninggalnya salah satu tokoh Pemuda Koperasi Indonesia (Kopindo) alm Roy BB Janis, lalu Pak Biyakto melalui pesan pendek di Whatsapp. 

Saya mengenal almarhum Pak Subiyakto Tjakrawardaya, mantan Menteri Koperasi dan UKM sejak kuliah. Terutama karena saya aktif sebagai pengurus Koperasi Mahasiswa di kampus.

Ketika menjabat menteri, beliau tercatat sebagai menteri yang membantu secara konkret hibah pendirian Warung Telekomunikasi untuk koperasi mahasiswa di kampus kami, Universitas Jenderal Soedirman. Almamater saya yang mana tempatkan beliau sebagai salah satu anggota Dewan Penyantun kampus sampai saat ini. 

Beliau juga sering datang mengisi seminar di kampus dan saya sering mengikutinya. Tetapi mulai intens ketika aktif di Jakarta pada 2009-an.  

Pak Biyakto, kami memanggilnya. Orangnya sangat serius dan gaya priyayinya tampak dari pembawaannya. Sebagai menteri dari latar belakang birokrat karir, beliau juga terlihat sebagai orang yang sangat paham bagaimana seluk beluk kementeriannya. Juga komitmen untuk mengembangkan koperasi sampai akhir hidupnya.