Ramadan bulan literasi

Sekurangnya ada 156 lembaga dan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan terlibat dalam penguatan literasi.

M Aminudin. Foto istimewa

Bulan suci Ramadan 2023 ini, berbagai penjuru tanah air selain banyak umat Islam mengumandangkan tadarus baca Al-Qur'an juga semarak dengan berbagai kegiatan literasi melek bacaan pengetahuan umum yang diinisiasi Kemendikbudristek.

Sekurangnya ada 156 lembaga dan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan terlibat dalam penguatan literasi. Ada penyebaran buku 15 juta lebih dari Kemendikbudristek ke seluruh pelosok tanah air termasuk daerah pedalaman dan terluar. Ada madrasah yang membikin kemah literasi.

Di Solo, Maret ini di gelar festival budaya literasi. Ada program kompetisi literasi yang digelar UNJ ada program pelatihan literasi,  Ada rapat koordinasi nasional pengelola perpustakaan dan sebagainya. Semarak rangkaian program literasi mendapat sambutan yang luas dari masyarakat.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap, dapat bersama-sama meningkatkan literasi media bagi masyarakat dan generasi muda pada kegiatan Journalist Camp III di Villa Puncak Tahura Sultan Adam, Kabupaten Banjar, (Maret 2023).

Gubernur Jatim Khofifah  di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (8/3) menyebutkan, perpusatakaan yang sudah terakreditasi dan mendapatkan sertifikat di Jatim pada 2021 jumlahnya mencapai 1.658 dan meningkat di 2022 menjadi 2.096.