Transaksi finansial berdampak pada pendapatan primer

Transaksi finansial terdiri dari transaksi dalam rangka investasi langsung (direct investment), investasi portfolio (portfolio investment).

Selain Transaksi Berjalan, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) juga mencakup transaksi finansial, yang mencatat perubahan kepemilikan aset dan kewajiban finansial luar negeri Indonesia.

Transaksi finansial terdiri dari transaksi dalam rangka investasi langsung (direct investment), investasi portfolio (portfolio investment), derivatif finansial (financial derivatives), dan investasi lainnya (other investment).

Investor langsung berharap untuk mendapatkan manfaat dari hak suaranya dalam manajemen perusahaan atau memperoleh akses terhadap sumber daya atau pasar di negara domisili perusahaan afiliasinya.

NPI mencatat berdasarkan prinsip aset dan kewajiban. Investasi langsung di sisi aset adalah investasi penduduk Indonesia di luar negeri dalam bentuk modal ekuitas dengan batasan tertentu dan dalam bentuk instrumen utang kepada pihak terkait bukan penduduk.

Sebaliknya, investasi langsung di sisi kewajiban adalah investasi bukan penduduk pada perusahaan di Indonesia dalam bentuk modal ekuitas dengan batasan tertentu dan dalam bentuk instrumen utang (debt instruments). Batasan tertentu keduanya berupa minimal kepemilikan saham 10%.