Cara melacak aktor bayaran digital di balik disinformasi

Aktor bayaran digital cenderung menampilkan diri mereka secara online, kata Segnini.

Ilustrasi. foto Unsplash

Identifikasi aktor yang melancarkan disinformasi sama pentingnya dengan fakta palsu itu sendiri: jika seorang jurnalis mampu menargetkan sumber informasi palsu, mereka dapat mengungkap dan menetralisirnya.

Selama kelas master Disarming Disinformation dari ICFJ, yang diadakan dalam kemitraan dengan Knight Center for Journalism di Amerika, jurnalis data pemenang penghargaan dan direktur Program Jurnalisme Data Sains Universitas Columbia, Giannina Segnini, membahas “tentara bayaran digital” (buzzer) ini dan cara menghentikan mereka.

Aktor Bayaran Digital

Aktor bayaran digital cenderung menampilkan diri mereka secara online, kata Segnini. “Saya menyebut mereka tentara bayaran digital karena suatu hari mereka menjual celana panjang; keesokan harinya mereka mendukung calon sayap kiri; hari berikutnya, kandidat sayap kanan,” katanya. “Beberapa konsisten secara ideologis, tetapi secara umum ini adalah industri [nonblok] yang terdiri dari ilmuwan data dan humas.”

Segnini juga menjuluki tentara bayaran digital sebagai "anak-anak Cambridge Analytica", mengacu pada perusahaan konsultan yang memanen data jutaan pengguna Facebook tanpa persetujuan mereka untuk iklan politik. Mereka bukan hanya individu, dia memperingatkan: “Ini bisa berupa kelompok intelijen, operator intelijen negara, industri transnasional dan sangat kuat, [serta] donor individu dan kelompok agama,” kata Segnini. “Mereka menggunakan data untuk menargetkan orang-orang yang mungkin rentan terhadap disinformasi.”