Covid-19 berpengaruh pada hasil produksi pertanian di kota kecil

Data itu sudah menggambarkan bahwa pemerintah seharusnya sudah menyiapkan rencana-rencana mitigasi jika terjadi pandemi berikutnya.

ilustrasi. foto Pixabay

Konferensi Jurnalisme Data dan Komputasi Indonesia (DCJ-CI) 2022 menghadirkan sesi 'Peliputan Data di Media Lokal', Sabtu (30/7). Sesi ini mengangkat cerita berbasis data di seluruh Indonesia, di mana para panelis berbicara tentang proses kreatif dan bagaimana mereka berhasil membuat cerita.

Riza Salman, salah satu panelis dari Makassar. Saat ini, sebagai jurnalis lepas dan banyak menulis tentang isu lingkungan, sosial, maupun kultural. Riza memulai karirnya dari televisi pada tahun 2008, kemudian berpindah mendalami multimedia coverage untuk beberapa media baik nasional maupun internasional.

Salah satu karya terbaiknya ialah liputan mengenai ancaman punahnya anoa di Sulawesi yang dipublikasikan melalui Ekuatorial dan karya ini memiliki andil dalam perubahan aturan konservasi dan juga perilaku penduduk.

Di tahun lalu, DCJ-CI mengadakan workshop di enam kota Jakarta, Surabaya, Makassar, Palembang, Banjarmasin, dan Maluku. Setelah workshop, para peserta menerima hibah persekutuan. Jadi, beberapa peserta mengirimkan proposal liputan kemudian admin DCJ-CI memberikan biaya untuk menunaikan liputan tersebut.

Sesi 'Peliputan Data di Media Lokal' pada DCJ-CI 2022 di mana bisa terekspose hasil karya dari para peserta workshop tahun lalu tersebut.