Ekskul broadcast di Lebak: Kiat berbicara di depan umum lewat siaran radio

Mereka meminta anak-anak itu menjadi host (pembawa acara) di kegiatan mereka. Padahal saat itu anak-anak baru siswa kelas 10 dan 11.

ilustrasi. Istimewa

Broadcast sering diplesetkan menjadi podcast yang sekarang lagi ramai. Padahal artinya berbeda, broadcast (penyiaran)  sementara podcast (siaran web).

Di kanal Youtube, banyak bertebaran podcast, mulai dari selebritis, politikus, sampai orang-orang biasa. Tren broadcast atau announcing, suka tidak suka, yang kini beralih bentuk podcast lagi naik daun.  

Pada era 90-an orang sehari-hari banyak mendengarkan radio. Di zaman digitalisasi teknologi, radio mulai ditinggalkan orang.

Andi Nuryani, penggagas Radio Yasmi FM sekaligus sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Lebak menceritakan suka-duka mengeluti profesi dan mewujudkan gagasannya.

"Sejak pandemi Covid-19, literasi menjadi sesuatu yang 'wajib' karena mau tidak mau sebagai guru untuk anak-anak milenial, kita harus paham. Dua tahun lebih sebelum pandemi, kita mendirikan radio komunitas pendidikan bernama Yasmi FM. Alhamdulillah berkat radio komunitas pendidikan, kita dapat mengadakan ekstrakurikuler untuk mengedukasi anak-anak yang memiliki bakat di bidang public speaking. Ternyata banyak anak yang berminat," katanya pada Sabtu (12/3).