Gagasan jurnalisme nirlaba Evan Smith bikin perusahaan pers bertahan

Ruang berita nirlaba digital adalah konsep yang langka ketika Evan Smith mendirikan Texas Tribune pada 2009.

Ilustrasi pers. Freepik

Pendiri Texas Tribune, Evan Smith, menemukan cara baru mempertahankan jurnalisme dengan meliput komunitas sebagai organisme nirlaba. Jika cara ini bisa membuat jurnalisme lokal bertahan, seluruh dunia perlu angkat topi untuk Smith.

The Washington Post pada Senin (24/1) menuliskan, ruang berita nirlaba digital adalah konsep yang langka ketika Evan Smith mendirikan Texas Tribune pada 2009. Mengusung konsep yang sama, media pendahulunya adalah ProPublica yang baru berusia dua tahun pada saat itu, MinnPost di Minneapolis, Voice of San Diego, dan beberapa lainnya.

Sebelumnya, Smith adalah Editor In-Chief majalah Texas Monthly yang memutuskan keluar karena desakan kapitalisme. Smith kemudian merekrut Editor Texas Weekly, Ross Ramsey, untuk bergabung dengan proyek selanjutnya soal jurnalisme nirlaba.

Texas Tribune, yang berbasis di Austin, telah berkembang dari 17 karyawan menjadi sekitar 80 karyawan. Sebanyak 50 di antaranya adalah jurnalis.

Media ini mengumpulkan US$100 juta melalui filantropi, keanggotaan, dan acara, termasuk Festival Tribune Texas tahunan yang telah mengundang pembicara, termasuk Anggota Dewan Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi dan Willie Nelson.