Kebocoran data, petinggi Facebook segera ke Indonesia

Petinggi Facebook siap menghadap pemerintah Indonesia untuk menjelaskan kebocoran data pribadi pengguna oleh pihak ketiga.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengirimkan surat kepada Facebook untuk meminta penjelasan dan dokumen yang berkaitan dengan penyalahgunaan data pengguna Facebook Indonesia. / Istimewa

Petinggi Facebook siap menghadap pemerintah Indonesia untuk menjelaskan kebocoran data pribadi pengguna oleh pihak ketiga.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan pihaknya telah menerima surat balasan dari Facebook tertanggal 25 April 2018.

"Kami sudah menerima surat balasan dari Facebook tertanggal 25 April 2018 yang isinya Facebook telah memberikan jawaban atas informasi yang kami mintakan klarifikasi," katanya dilansir Antara, Kamis (26/4). 

Menurut dia, Facebook sudah melakukan pembatasan akses dan pemutusan aplikasi pihak ketiga sejenis seperti CubeYOU dan Aggregate IQ. Kini, Facebook sedang melakukan investigasi terhadap aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, proses audit yang dilakukan Facebook masih berjalan dan akan membutuhkan waktu. Perkembangan proses audit akan diinformasikan kepada pemerintah Indonesia, kata Semuel.