Setengah hati KPI atur protokol kesehatan Covid-19 di televisi

KPI disentil beberapa pihak karena dianggap tebang pilih menegur program tayangan di televisi terkait protokol kesehatan.

Ilustrasi penonton televisi. Alinea.id/Oky Diaz.

Sepanjang Januari 2021, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menemukan 37 program dari 11 stasiun televisi, yang diduga melanggar protokol kesehatan Covid-19. Tayangan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan, sebut situs kpi.go.id, antara lain variety show, religi, dan talkshow. Pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan didominasi dengan tak mengenakan masker atau pelindung wajah, serta tak memperhatikan jarak fisik.

Temuan KPI itu sempat mendapatkan respons dari pesulap dan pembawa acara Deddy Corbuzier. Dalam unggahan video di akun Instagram miliknya pada Minggu (14/2), Deddy yang memiliki talkshow Obrolan of the Day (OOTD) di Trans7—yang masuk daftar program televisi diduga melanggar protokol kesehatan—protes.

Menurutnya, dalam talkshow itu, ia duduk berjauhan, tidak berdiri, tidak salaman, dan melakukan tes swab. “Terus harus pakai masker […] tapi sinetron boleh enggak pakai masker. Mantap,” kata Deddy.

Aktris dan pembawa acara Nikita Mirzani pun menyindir KPI di akun Instagram miliknya. Nikita membawakan acara Nih Kita Kepo di Trans TV, yang juga masuk daftar ditegur KPI.

“Sinetron kenapa enggak ditegur bapak-bapak dan ibu-ibu KPI Pusat yang jelas-jelas sentuhan kulit by kulit, ngomong deket-deketan,” tulis Nikita di akun Instagram miliknya, Jumat (12/2).