Masyarakat-wartawan Magelang kirab Dharma Warta HPN 2019

Sejumlah anggota grup kesenian dari beberapa sekolah turut dalam kirab dengan mengenakan pakaian tradisional masing-masing.

Sejumlah seniman menampilkan tarian Topeng Ireng saat Kirab Budaya Dharma Warta di padepokan Gunung Tidar, Potrosaran, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/2)./AntaraFoto

Masyarakat dan para wartawan melakukan kirab budaya "Dharma Warta" dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2019 di Kampung Potrosaran, Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis.

Sejumlah anggota grup kesenian dari beberapa sekolah turut dalam kirab dengan mengenakan pakaian tradisional masing-masing. Mereka berjalan kaki dari halaman padepokan yang juga rumah tinggal Es Wibowo itu, melewati jalan-jalan kampung setempat, taman kota di Tepi Jalan Ahmad Yani Kota Magelang, dan menyusuri jalan setapak tepi Kali Kuto (sodetan Kali Manggis) Kota Magelang.

Dalam kirab "Dharma Warta" yang dimulai dengan doa dipimpin Kiai Abdurrosyid dan diiringi tabuhan beberapa alat musik gamelan itu, mereka juga mengusung tumpeng dengan tandu yang dipasangi bendera Merah Putih, sedangkan sejumlah orang lainnya membawa tampah berisi buah-buahan dan sayur-sayuran.

"Tahun ini kelima kalinya padepokan memprakarsai peringatan HPN. Ini penghormatan dan penghargaan kami kepada wartawan. Wartawan sebagai garis takdir profesi, wartawan setia mewartakan kabar baik dan mengembirakan kepada seluruh makhluk hidup," kata Es Wibowo yang juga penyair Kota Magelang itu.

Wartawan sebagai profesi mulia dan mengedepankan kejujuran, memberikan edukasi kepada masyarakat dunia.