Media perempuan di Afghanistan memetakan masa depan tidak pasti

Taliban mengancam pekerja media bahkan sebelum naik ke tampuk kekuasaan.

Media perempuan di Afghanistan memetakan masa depan tidak pasti. foto ijnet

Pengambilalihan kekuasaan Afghanistan baru-baru ini oleh Taliban menyusul kepergian pasukan Amerika Serikat telah mengkhawatirkan kebebasan di negeri itu, terutama bagi perempuan.

Terlepas dari jaminan yang berkebalikan dari Taliban, perempuan dilarang bersekolah dan universitas, dan bekerja -- tujuannya adalah untuk meninggalkan setengah dari populasi negara itu dalam masyarakat bayangan.

Taliban mengancam pekerja media bahkan sebelum naik ke tampuk kekuasaan. Beberapa bulan-bulan sejak itu, mereka telah menindak anggota pers, mengancam banyak orang untuk liputan mereka, memerintahkan wartawan berhenti bekerja buat media Barat, dan menahan diri dari pelaporan kritis.

Lebih dari selusin media berita, stasiun radio, TV, situs web, dan majalah yang berfokus pada isu-isu perempuan telah aktif di Afghanistan sebelum Taliban mendapatkan kembali kendali, menurut jurnalis Hossein Ahmadi. Taliban sejak itu memaksa semua kecuali satu untuk ditutup, katanya, dan hanya menyisakan mingguan Nimrokh Media, di mana dia adalah editor pelaksana dan penerbit.

Diluncurkan di ibu kota Kabul pada Agustus 2017, Nimrokh melaporkan tentang kekerasan terhadap perempuan dan kebutuhan untuk memberantasnya, kesetaraan gender, kehadiran perempuan di masyarakat, dan pentingnya mengajari perempuan tentang hak-hak mereka. Media ini mengedarkan 2.000 eksemplar edisi cetaknya setiap minggu di tujuh provinsi Afghanistan, dan Kabul, mencapai rata-rata 2,6 juta edaran setiap bulan, menurut Ahmadi. Juga mempertahankan kehadiran media sosial yang aktif di Facebook, Twitter, dan Instagram, serta saluran di YouTube dan Telegram.