1.700 personel kepolisian amankan perayaan Imlek di Kalbar

Para personel dan peralatan yang akan digunakan dalam keadaan siap menjaga perayaan imlek di Kalbar.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono (kedua kiri) bersama Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi (keempat kiri), Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani (ketiga kiri) dan Pj Sekretaris Daerah Kalbar Syarif Kamaruzaman (kiri) memeriksa pasukan saat apel Operasi Liong Kapuas 2570/2019 di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (4/2)./ Antara Foto

Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Kalbar), mengerahkan 1.700 personel polisi untuk mengamankan perayaan Imlek dan Cap Go Meh dengan sandi operasi Liong Kapuas 2019. Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono berharap, perayaan Imlek dan Cap Go Meh kali ini dapat berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Hari ini kami menggelar apel pengamanan operasi Liong Kapuas 2019, guna mengecek langsung kesiapan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2019, yang hampir merata dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di 14 kabupaten/kota di Kalbar," kata Didi di Pontianak, Senin (4/2).

Dari pengecekan yang dilakukan, personel dan peralatan yang akan digunakan untuk pengamanan tersebut, telah berada dalam keadaan siap. Ia pun berharap, para personelnya, dibantu dengan keterlibatan masyarakat, dapat membuat perayaan Imlek dan Cap Go Meh berlangsung kondusif.

Menurut Didi, keberhasilan pengamanan operasi Liong Kapuas tahun-tahun sebelumnya dan tahun ini nantinya, akan menjadi indikator Kamtibmas di Kalbar semakin baik dan tingkat kejahatan yang semakin menurun tiap tahunnya.

"Apalagi dengan suksesnya perayaan Imlek dan Cap Go Meh sebelumnya maka menunjukkan jika seluruh stakeholder telah berkerjasama demi kondusifnya wilayah Kalbar," katanya.