10 tahun kepemimpinan Wali Kota Risma, Surabaya semakin hijau

Total luas taman di seluruh Surabaya hingga 2020 sudah mencapai 1.651,24 hektare.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima penghargaan Women Empowerment Award (WEA) atau Pemberdayaan Perempuan dari majalah Her Times. Foto Facebook Pemkot Surabaya

Tak terasa sudah hampir 10 tahun kepemimpinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Banyak hal yang sudah dicapai selama kurun waktu tersebut. Di antaranya, konsisten membangun taman dan ruang terbuka hijau di Kota Pahlawan. Bahkan, Wali Kota Risma pernah mencanangkan kota ini menjadi kota seribu taman. Perlahan dia mewujudkannya demi mengurangi polusi udara dan menurunkan suhu Kota Surabaya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, selama masa kepemimpinan Wali Kota Risma, Kota Surabaya semakin hijau dengan adanya 573 taman kota yang tersebar di berbagai titik di Kota Pahlawan.  

“Total luas taman di seluruh Surabaya hingga 2020 sudah mencapai 1.651,24 hektare,” kata Anna seperti dilansir surabaya.go.id, Rabu (9/12).

Hebatnya, sejumlah taman yang dibangun Wali Kota Risma bersama jajarannya itu berbeda-beda tema dan luasannya. Bahkan, ada taman yang merupakan bekas tempat pembuangan sampah (TPA) Keputih, yaitu Taman Harmoni yang terus dipercantik hingga saat ini.

“Taman yang berbeda-beda itu juga menjadi daya tarik tersendiri di Surabaya,” katanya.