16 juta vaksin Covid-19 kembali tiba di Indonesia

Secara kumulatif, Indonesia telah memiliki 53,5 dosis vaksin Covid-19.

16 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China, tiba di Indonesia, Kamis (25/3). Foto: Amiri Newsroom, Infopublik, DJIKP, Kominfo

16 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China, tiba di Indonesia dalam bentuk bahan baku atau bulk. Kedatangan tahap ketujuh di Bandar Udara Soekarno Hatta Tangerang Banten ini, menambah ketersediaan vaksin Covid-19 di Indonesia.

“Kami berhasil mendatangkan vaksin Covid-19 tahap ke-7 dari keseluruhan tahap sebesar 16 juta vaksin dalam bentuk bulk,” ujar Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan pers virtual, Kamis (25/3).

Secara kumulatif, Indonesia telah memiliki 53,5 dosis vaksin Covid-19. Kedatangan ketujuh ini dibawa pesawat milik maskapai Garuda. Kemudian, tiga unit truk akan mengirimnya ke Bio Farma di Bandung Jawa Barat, untuk diproses lebih lanjut.

Setelah diproduksi Bio Farma, vaksin Covid-19 akan dievaluasi dari segi mutu hingga keamanannya. Lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan emergency use authorization (EUA) agar vaskin Covid-19 dapat digunakan dalam program vaksinasi pemerintah.

Ketersediaan vaksin Covid-19, kata dia, sangat vital dalam keberhasilan pelaksanaan program vaksinasi. Hingga saat ini, pengaturan ‘ritme’ kecepatan penyuntikan masih disesuaikan dengan ketersediaan vaksin Covid-19.