163 wabah penyakit di Indonesia merupakan bawaan makanan

Data ini menunjukkan bahwa wabah keracunan makanan adalah masalah kesehatan masyarakat yang cukup besar di Indonesia.

Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Aceh memeriksa kue kering lebaran, makanan, minuman serta produk kemasan yang dijajakan pedagang saat razia di salah satu mini market di Banda Aceh, Aceh, Jumat (31/5)./AntaraFoto

Badan Pangan dan Pertanian (FAO) serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah dua badan yang khusus ditunjuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memimpin dan membantu usaha mempromosikan keselamatan pangan secara global.

Pada 7 Juni 2019, dunia pertama kalinya memperingati Hari Keselamatan Pangan Sedunia (World Food Safety Day) setelah Majelis Umum PBB mengadopsi ketetapan ini pada Desember 2018. Tema yang disepakati tahun ini yaitu "Keselamatan Pangan adalah Tanggung Jawab Kita Semua".

Keamanan pangan adalah tidak adanya zat pada makanan yang dapat membahayakan kesehatan konsumen.

Bahaya yang ditularkan melalui makanan dapat bersifat mikrobiologis, kimia, atau fisik dan sering tidak terlihat oleh mata, seperti bakteri, virus, atau residu pestisida.

“FAO berkomitmen untuk dunia tanpa kelaparan. Memastikan bahwa makanan itu aman sangat penting dalam agenda kami. Industri memiliki peran penting dalam memastikan bahwa makanan tetap aman di setiap tahap makanan mulai dari produksi hingga ke konsumen,“ kata Perwakilan FAO di Indonesia Stephen Rudgard dalam pernyatannya menandai Hari Keamanan Pangan Dunia, Jumat.