Nasional

2.770 aset Pemprov Jateng belum bersertifikat

Nilai aset tetap Pemprov Jateng sebesar Rp13,4 triliun.

Selasa, 14 Juli 2020 19:59

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memiliki aset tetap bernilai Rp13,4 triliun. Namun, sebanyak 2.770 dari 10.225 bidang aset belum bersertifikat. Terdiri dari Aset 1.073 jembatan, 950 saluran irigasi, dan 468 jaringan jalan.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyatakan, aset yang tidak termanfaatkan secara optimal berpotensi mendapat evaluasi dari pengawas. Karenanya, pemprov memprioritaskan rapat koordinasi (rakor) untuk merapihkan pengelolaannya.

"Kalau kita eksekutif, maka legislatif mengawasi, nanti dari Inspektorat, BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) juga akan mengawasi," ucapnya saat Rakor Perbaikan Tata Kelola Aset di Kota Semarang, Selasa (14/7).

Dirinya menambahkan, aset seringkali menjadi temuan permasalahan. Karenanya, rakor harus dimaksimalkan untuk memperbaiki sistem, mengidentifikasi persoalan, dan mencari solusi.

"Saya ulangi dengan baik-baik, karena namanya tanah itu, sejengkal pun orang akan mati-matian mempertahankan," tegasnya.

Fatah Hidayat Sidiq Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait