21 Juni tanggal lahir Jokowi dan wafatnya Bung Karno

Tanggal 21 Juni adalah hari bersejarah bagi kehidupan dua presiden Indonesia. Kelahiran Jokowi, dan wafatnya Bung Karno.

Upacara pemakaman Bung Karno. /Varia, 20 Juli 1970. Repro/alinea.id

Dua peristiwa penting terjadi di tanggal 21 Juni. Yaitu Presiden Joko Widodo lahir dan Presiden pertama Indonesia Soekarno tutup usia.

Soekarno meninggal pada 21 Juni 1970 pukul 07.00 pagi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto (RSPAD). Ia dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.   

Bung Karno wafat pada usia 69 tahun. Sebelumnya Soekarno diketahui menderita gangguan ginjal dan pernah menjalani perawatan di Wina Austria pada tahun 1961 dan 1964. Ia juga dinyatakan mengidap penyakit gagal jantung, sesak nafas dan rematik. 

Penelusuran alinea.id  yang dimuat pada artikel Makam Bung Karno dan kuasa Orde Baru menemukan bahwa Majalah Varia edisi 8 Juli 1970 menyebut, Bung Karno meninggal dalam status tahanan dan diasingkan selama beberapa tahun. Ia dilarang melakukan kegiatan politik berdasarkan keputusan Sidang Istimewa MPRS pada Maret 1967.

“Bung Karno dituduh terlibat dalam kudeta yang dilancarkan PKI dengan G30S-nya di tahun 1965, dan sempat beberapa kali menjalani pemeriksaan sebelum sakit parah,” tulis majalah Varia edisi 8 Juli 1970.