28 Maret: Teror penerbangan pertama, dan operasi face off pertama Lisa yang disiram air keras

Pada 28 Maret 2006, RSUD dr Soetomo memulai operasi transplantasi wajah atau face off untuk menolong Lisa Nur Jazilah

Dok kolase Siti Nur Jazilah dan kliping media peristiwa Woyla. Foto tempo, alinea.id

Siti Nur Jazilah mengalami kejadian mengerikan. Wajahnya disiram air keras oleh suaminya, Mulyono, sehingga rusak. Peristiwa itu terjadi pada 2004, dan baru terungkap ke publik pada 2006. 

Kisah ini muncul setelah Mulyono mengantarkan Lisa ke RSUD dr Soetomo untuk pengobatan. Ia berdalih wajah Lisa hanya terkena cairan pembersih lantai. Namun, kebenaran pun akhirnya terungkap. Wajah Lisa rusak karena disiram Mulono dengan air keras. 

Kasus Lisa menyedot perhatian besar dari publik Tanah Air. Pada 28 Maret 2006, RSUD dr Soetomo memulai operasi transplantasi wajah atau face off untuk menolongnya. 42 dokter turun tangan menangani Lisa. Operasi pertama dilakukan dengan mengganti kulit wajah dengan kulit punggung.

Tercatat, Lisa menjalani operasi rekonstruksi wajahnya sebanyak 17 kali. Operasi  terakhir dilakukan 27 Februari 2013. Setelah tujuh tahun dirawat di rumah sakit, ia pun pulang 5 Februari 2014.

Mulyono sendiri, pada 2007, dijatuhi vonis 12 tahun penjara karena penganiayaan terhadap Lisa. Seperti dikutip dari Tribunnews, setelah menjalani masa hukuman enam tahun di Rumah Tahanan Kelas I Surabaya, Medaeng, Mulyono bebas pada Oktober 2012.