385 WNI yang dievakuasi dari Sudan tiba di Indonesia

Untuk sementara, mereka akan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Menlu RI bersama Panglima RI sambut kedatangan 385 WNI dari Sudan di Bandara Soekarno-Hatta pagi ini (28/4/2023). Foto: twitter.com/Kemlu_RI

Sebanyak 385 orang warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Jumat (28/4) pada pukul 05.46 WIB. Mereka berangkat dari Jeddah pada Kamis (27/4), menumpangi maskapai Garuda Indonesia (GA 991).

"Mereka terdiri dari 248 perempuan dan 137 laki-laki, 43 di antaranya anak-anak. Ini adalah ketibaan tahap pertama WANI ke tanah air yang dievakusi dari Sudan," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam keterangan resminya, Jumat (28/4) 

Untuk sementara, mereka akan diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing. Di sisi lain, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan kementerian/lembaga terkait telah menyiapkan layanan kepada WNI tersebut, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling.

"Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan pemda terkait akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing," ucap dia.

Menurut rencana, pemulangan ke Indonesia tahap kedua dilakukan 29 April dan bakal tiba di Indonesia pada 30 April. Dan pemulangan tahap ketiga, sekaligus menutup seluruh proses evakuasi, dilakukan 30 April dengan menggunakan pesawat TNI AU. Per hari ini, tinggal 111 orang WNI yang masih berada di Kota Port Sudan.