4 proyek jalur KA jadi ladang suap, satu di antaranya baru diresmikan Jokowi

Kasus ini terkait dengan pembangunan jalur KA Makassar - Parepare, yang merupakan bagian dari proyek Trans Sulawesi.

Foto: DJKA.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dan menahan 10 tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan dan pemeliharaan jalur Kereta Api (KA) di lingkungan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub).

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak, menyebut kasus itu juga terkait dengan pembangunan jalur KA Makassar - Parepare, yang merupakan bagian dari proyek Trans Sulawesi. Proyek ini merupakan transportasi berbasis rel pertama di Pulau Sulawesi, yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2023 untuk lintas Maros - Barru.

"Seperti yang disampaikan, saya jelaskan bahwa itu ada keterkaitan," kata Johanis dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (13/4). 

Suap proyek perkeretaapian itu menjerat sejumlah pejabat di lingkungan DJKA. Setidaknya ada empat proyek yang diduga dimainkan para tersangka, salah satunya yakni pembangunan jalur KA di Makassar, Sulawesi Selatan. KPK juga memperluas pengusutan dugaan suap itu ke proyek-proyek lainnya.

"Kemudian dikembangkan sampai Jawa, Jakarta, Depok dan seterusnya," ujar Johanis.