5.487 rumah tangga di Kalimantan Barat bakal dapat bantuan pasang listrik

Pemerintah memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) bagi 5.487 rumah tangga di Provinsi Kalimantan Barat.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun ini akan memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) bagi 5.487 rumah tangga di Provinsi Kalimantan Barat. Program bantuan ini turut didukung oleh Komisi VII DPR RI.

Program ini menyasar masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), tinggal di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) dan atau layak berdasarkan validasi kepala Desa/Lurah atau pejabat setingkat.

Plt. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menyampaikan, program ini merupakan terobosan besar dari Komisi VII DPR RI yang mau melihat masalah sampai ke lapangan.

"Selain program BPBL, Kementerian ESDM juga mempercepat penyediaan listrik di wilayah yang belum ada jaringan listriknya," kata Dadan dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (25/9).

Hingga semester II 2022, Rasio Elektrifikasi atau perbandingan rumah tangga berlistrik dengan total rumah tangga Indonesia mencapai 99,56%. Dari data tersebut, ujar Dadan, masih ada sekitar 347.141 rumah tangga yang belum dialiri listrik, dan sebagian besar tersebar di daerah 3T.