50 santri Ponpes Gontor terpapar Covid-19

Orang tua santri tidak diperbolehkan mengunjungi anaknya ke Ponpes Gontor.

Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor di Kabupaten Ponorogo, Jatim, Juli 2019. Google Maps/agung pirsada

Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor Ponorogo menjadi klaster baru Covid-19 di Jawa Timur (Jatim). Hingga saat ini, terdapat 50 santri terpapar Covid-19 dan yang dinyatakan sembuh 40 santri.

Rektor Universitas Darussalam Gontor dan Pembina Satgas Covid-19 Gontor, Amal Fathullah Zarkasyi mengungkapkan, ini merupakan gelombang kedua ada 12 kasus dan sembuh 11 orang dalam tiga hari. Gelombang ketiga, positif 14 orang dan sembuh 13 orang setelah swab dua kali.

"Gelombang keempat, masuk lima santri dan sembuh semua dan gelombang kelima, delapan santri sekarang dalam posisi di Surabaya, hasilnya belum keluar," kata Amal Fathullah Zarkasyi, dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Selasa (21/7).

Dia menjelaskan, para santri yang dinyatakan sembuh tetap melakukan karantina mandiri di tempat yang nyaman, fasilitas olahraga, dan makanan bernutrisi. "Kami, masih tunggu hasil yang 10 orang ini," tutur Amal.

Semenjak terdapat santri yang terpapar Covid-19, Ponpes Gontor, berupaya memperketat protokol kesehatan di dalam pesantren.